Parasit Aqidah

Parasit Aqidah

Handy 2020-06-01 09:31:29

Koleksi perpustakaan Isbula beragam tema, diantaranya buku-buku islam, teknologi, managemen, aneka hobi, budaya, olahraga, kesehatan, buku anak-anak, majalah islam, National geography, ensiklopedi dll. Salah satu buku yang pertama kami miliki adalah “Parasit Aqidah”. Buku ini kami beli di pameran buku Bandung tahun 2002.

Buku ini memuat ringkas asal mula suatu upacara kepercayaan yang dianggap oleh sebagian umat islam “ Berasal dari ajaran islam atau sekedar alat keduniaan”.

Tetapi ternyata upacara dan kepercayaan yang melekat sampai saat ini tidak terdapat dalam sumber asli islam itu sendiri, yaitu Al quran dan sunnah nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasalam, melainkan dari agama- agama dan kepercayaan-kepercayaan di luar Islam, terutama dari agama-agama kultur.

Jadi setelah membaca buku ini kami mengetahui pangkal ushul ajaran, upacara, kepercayaan yang diamalkan oleh sebagian masyarakat disekitar kami saat ini.

Sehingga semakin terpacu untuk belajar terus khususnya agama Islam.  Juga terpacu dengan hadits Nabi, bahwa beliau bersabda :

Barangsiapa mengada-adakan (suatu hal baru) dalam urusan (agama) kami ini, yang bukan merupakan ajarannya, maka  ia tertolak.”  HR Bukhari (2697) dan Muslim (1718)

Hadits lainnya, bahwa beliau bersabda :

Barangsiapa mengerjakan suatu perbuatan yang tidak dilandasi oleh perintah kami, maka(perbuatan itu tertolak.” HR Muslim (1718) (18)