Riwayat

Riwayat

Handy 2020-07-07 01:22:18

Bismillah.. Alhamdulillah.. Sampai detik ini masih dan harus terus bersyukur atas nikmat iman islam dan kesehatan yang Allah berikan pada kita. Aamin. Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam, keluarganya, sahabat dan pengikutnya sampai akhir zaman.


Riwayat

1999   Tahun ini saya diperkenalkan dengan buku oleh seorang teman senior dengan mengajak saya menemaninya ke pameran buku di kota Bandung. Dan akhirnya membuat saya membutuhkan buku dalam belajar, mendatangi kajian-kajian, taman baca, toko-toko buku dan perpustakaan di kota Bandung.

2003   Merantau ke Ibu Kota, petualangan dengan buku semakin semarak. 3 ajang pameran buku setiap tahunnya hampir tidak pernah terlewatkan. Jakarta Book Fair, Islamic Book Fair dan Indonesia Book Fair. Juga mendatangi komunitas taman baca, toko-toko buku dan perpustakaan nasional.

2007  Berpindah dan menetap bersama keluarga di Karawang sampai sekarang, alhamdulillah menjadi tantangan tersendiri. Event kepustakaan belum membudaya di Karawang. Perpustakaan daerah lesu, taman bacaan tidak terdeteksi, pameran buku tidak pernah ada. Hingga kami masih menghadiri ajang pameran di Jakarta.

2008   Berbekal semangat dan koleksi buku yang kami boyong juga ke Karawang, kami memberanikan diri membuka untuk umum koleksi buku-buku yang kami punya. Buku-buku khazanah islam, ilmu pengetahuan dan teknologi, managemen dan pengembangan diri, kesehatan, aneka hobi, majalah islam, national geographic, dan lainnya. Pelanggan pustakanya para tetangga dilingkungan kompleks perumahan kami. Dari anak hingga dewasa cukup antusias memanfaatkannya.

Pagi hari rumah kami diramaikan oleh ibu-ibu dan remaja muslimah yang ingin belajar membaca Alquran, sore hari diramaikan oleh anak-anak yang juga belajar islam. Dan akhirnya buku-buku juga bisa kami pinjamkan dan membantu menyediakan bagi mereka yang ingin memilikinya. Dalam perjalanannya, alhamdulillah perpustakaan kami terus berusaha menambah jumlah koleksi dengan cara membeli, juga pernah mendapat hibah dari teman kerja senior, dari komunitas tambang, dan membeli buku dari cuci gudang salah satu penerbit buku nasional.

Alhamdulillah kami pernah membantu dalam pengadaan berupa buku saku sebagai souvenir edukasi dalam acara  pernikahan, khitanan. Juga infak buku ke salah satu sekolah di karawang.

2015   Bergeser satu blok, alhamdulillah kami menempati tempat yang baru. Kegiatan belajar dan pustaka dilakukan ditempat lama dan tempat baru.

2020   Untuk membantu operasional perpustakaan, kami mencoba mengembangkan dengan membuka toko online. Untuk memperluas jangkauan informasi kepustakaan. Adapun buku-buku yang kami jual adalah buku-buku islam.


Alhamdulillahirabbil ‘alamin.. Semoga keberadaan Isbula sebagai perpustakaan, penyedia jasa souvenir edukasi dan toko buku, dapat memberikan pencerahan dan wawasan keislaman yang meneladani pada pemahaman generasi terbaik umat manusia. Dan setiap anggota keluarga dapat menerapkannya dalam tatanan hidup di keluarga pribadinya, tetangga dan lingkungan sekitarnya. Dan dapat menjadikannya sebagai amal jariyah sampai pada anak cucu keturunannya. Semoga Allah memudahkan urusan kita, melindungi dan memberikan pertolongan Nya