Who am I ?

Who am I ?

Handy 2020-07-07 01:12:02
Who Am I? 

Who Am I? Siapa Aku? Begitu kalimat pertanyaan yang dilontarkan mentor belajar islam sekaligus dosen gambar teknik. Ya.. sebuah pertanyaan yang memerlukan jawaban yang bisa aplikatif diwujudkan dalam aktivitas hidup dan kehidupan baik itu pribadi maupun sebagai sosial. 
Lantas dibuatkanlah sketsa 2 segitiga prinsip dasar seorang muslim, yaitu rukun iman yang 6. 

Segitiga pertama ; 
Apa aku? Siapa yang menciptakan aku? Dari mana aku? Dibuat dari apa aku? Merefleksikan pertanyaan terhadap rukun iman yang pertama, yaitu iman kepada Allah.
Lalu bagaimana aku hidup? Bagaimana ada didunia? Siapa yang memberi rezeki (makan dll)? Merefleksikan pertanyaan terhadap rukun Iman yang kedua, Iman kepada Malaikat yang mendapat tugas dari Allah membagikan rezeki untuk manusia.
Untuk apa aku hidup? Kemana tujuan selanjutnya setelah hidup? Kenapa harus mati? Kenapa kelak dihidupkan lagi? Merefleksikan pertanyaan terhadap rukun iman yang kelima, Iman kepada hari akhir(kiamat).

Selanjutnya dibuat segitiga yang kedua ;
Bagaimana menjalani kehidupan? Apa pedoman hidup? Refleksi pertanyaan iman kepada kitab Allah.
Bagaimana menjalani kehidupan? Siapa yang dijadikan contoh? Siapa yang patut diteladani dan diikuti? Refleksi dari pertanyaan iman kepada Rasul Allah.
Dan bagaimana kita mengimani seluruh alam semesta ini telah diatur dan ada yang mengatur? Bagaimana mengimani apa yang terjadi, baik waktu yang lalu, sekarang dan yang akan datang? Merupakan refleksi iman kepada qodha dan qodar Allah.
Dengan mempelajari, memahami dan mengamalkan rukun iman tersebut maka akan terjawab siapa aku?